Thursday 18 September 2014

CARA BUAT TULISAN BERJALAN DENGAN LED

selamat siang teman2


kali ini saya mau berbagi tentang pengalaman saya dalam pembuatan runing tex atau sering di kenal tulisan berjalan,yah walaupun belum sempura dan masih acakacakan,tp semoga aja teman 2 semua tidak bosan membaca artikel saya ini.
tadinya si saya mau buat variasi mator saya pake lampu led yang bisa berjalan,dan saya cari komponenya,
di kemudian hari saya menemukan  ic   untuk led berjalan yaitu CD4017 yang fungsinya menyalakan led dengan cara berurutan,ternyata CD4017 itu bisajuga  untuk runing tex,nah dari situlah saya mencari tau apa benar demikian,saya sering sana sini di mbah goole,dan teryata benar cd4017 bisa buat runing tex walupun ngak itu aja untuk membuat runing tex.
setelah satu bulan lebih saya mempelajarinya dan mengumpulkan komponen2 nya dan akhirnya,alkhamdulillah saya bisa merangkai tulisan berjalan walupun penuh kurang sana sini hehe maklum lagi pemula(newby) selama sya mempelajari tentang runing tex,ada satu yang saya masih bingung sampkenape sekarang.kenapa bingung? ya bingunglah lawong saya gak bisa bahasa program.
ternyata runing tex (tulisan berjalan )itu membutuhkan program untuk membetuk karakter yang kita inginkan .
yuk kita mulai proses pembuatan runing tex /tulisan yang bisa berjalan 

pertama yang kita siapkan adalah 
        1,secangkir teh hangat untuk persiapan.buat siram mesin jika gagal.haha bercanda.ya buat minum dong 
        2,sebunkus rokok magnum selera saya haha sambil  iklan.....
        3,korek api buat nyalain bungkus rokok 

        4,cemilan secukupnya tap lagi nyari ,blum datang hehe



kedua yangk kita butuhkan adalah pcb lubang ,kenapa harus pcb lubang ?karena saya blum sempat        desainnya.lgian kan kita lgi belajar jadi saya pikir yag mudah yapake pcb lubang dulu tapi kalo dah beres semua ya kita bisa desain pcb yang lebih kern .





yang ketiga  adalah komponen2 yang kita perlukan di antaranya IC MICROCONTROLER sering di sebut ATMEGA ,atmega da banyak lo atmega 8.atmega.16.atmega 32.dll tapi saya mau pake yang atmega 328 yang sapot arduino uno,apa itu arduino?kita bahas postingan selanjutnya
komponen selanjutnya adalah 7805 untuk pembatas arus DC agar tidak keblablasan 
terus ic regester HCF929 .4017. LED RESISTOR .dll





na ini rangkaian led yang udah jadi,saya rangkai di pcb lubang







kalo yang ini alat inti dalam pembuatan runing tex.namanya controler.controler adalah rangkaian komponen  yang sudah di desain sedemikian rupa agarbisa di program  dari laptop /pc





ini ARDUINO UNO alat inilah yang saya utak atik untuk uji coba sanasini





 USBasp downloader  yang di beli dari denpasar bali




 usbisp downloder


laptop/pc untuk memprogram microcontroler yang telah kita buat tadi


di bawah ini hasil yang sudah jadi







yang mau lihat  videonya di monggoo








sekian dulu  cara buat tulisan berjalan ,kita lanjut lagi kapan2 di blog yang sama dan wanktu yang berbeda.mari,kita belajar dari pengalaman karena pengalaman adalah guru terbak untuk kita sendiri  
WASSALAM         

Load disqus comments

10 komentar